Tips kerusakan LA76810A

001  Horisontal tidak stabil.        Gambar kadang geser secara horisontal kekiri atau gambar roboh roboh Resistor pada pin-29 VCO reference nilai 4K7 ohm walaupun diperiksa dengan ohm meter nampaknya masih bagus, tetapi perlu diganti. Resistor harus menggunakan jenis yang mempunyai toleransi dan koefisien suhu yang bagus Kerusakan x-tal warna (kadang disertai warna hilang). 002 Kontras gambar lemah dan tidak dapat diadjust       Pin ABL tegangan drops (normal sekitar 3v). Kerusakan pada salah satu part pada sirkit ABL. 003 Bagian horisontal tidak kerja Baca Kerusakan bagianhorisontal Tidak ada tegangan 5v pada pin-25 (Hvcc) 004 Vertikal tidak penuh Baca kerusakan bagian vertikal Tegangan suply drops pada pin-43 Kerusakan IC memori 005 Gambar geser kekiri (ada blok hitam pada sebelah kanan raster)       Tidak ada pulsa FBP dari flyback ke pin-28, karena jalur putus atau ada kerusakan part. 006 Suara kemresek       Kerusakan part atau soldering pada pin-52-

TIPS MEMPERBAIKI JARUM AVO METER YANG NGACO,LONCAT LONCAT TIDAK STABIL

Dibawah ini beberapa tips memilih avometer yang memenuhi syarat dipergunakan dalam perbaikan elektronika.

Perhatikan saklar rotasi di avo meter,putarlah saklar rotary tersebut apabila terasa kasar dengan suara yang terdengar keras maka carilah merk lain.
2.  Perhatikanlah jarum avo meter apabila bergerak nya tidak stabil atau loncat loncat maka carilah avo meter lain.
3.  Perhatikan bentuk fisiknya baik avo nya maupun kabel nya kalau lekukan kasar tidak halus maka pilihlah merk lain supaya mendapat avo meter yang lebih baik.

Tips memperbaiki jarum avo meter yang tidak stabil atau loncat loncat.
Pasanglah elco 220 uf sampai 470 uf dikaki jarum avometer tersebut.Pastikan pemasangan elco tidak terbalik.
Bagaimana cara memperbaiki ohm meter X1 di avo meter yang ngaco.
Test dulu kabel merah dan hitam gemgam oleh satu tangan dengan syarat tidak saling bersentuhan,biasa nya berjarak sekitar 1 cm.Kalau pada ukuran  X1 di ohm meter jarum bergerak sedikit maka dipastikan avo meter ngaco.Gantilah tahanan 18 ohm di jalur X1 tersebut.

Beberapa merk yang sudah di test dipakai khususnya  bagian jarum avo meter nya adalah : SANWA,SUNWAI,SUNWA,HELES kalau yang lainnya ane belum mencoba silahkan bagi yang sudah menemukan merk lain yang bagus komentar lah di bawah ini.
Tag..Tips memilih avo meter yang bagus tapi murah,cara memperbaiki avo meter yang ngaco.

Comments

Popular posts from this blog

HIJIB KHOFI KEWIBAWAAN TINGKAT TINGGI

Kumpulan Data Pin (kaki) Flyback (FBT) TV Sharp Dan Persamaan

Arti Latudrikuhul Absoru Wahua Yudrikuhul Absoro Wahuwa Latiful Khibir