Tips kerusakan LA76810A

001  Horisontal tidak stabil.        Gambar kadang geser secara horisontal kekiri atau gambar roboh roboh Resistor pada pin-29 VCO reference nilai 4K7 ohm walaupun diperiksa dengan ohm meter nampaknya masih bagus, tetapi perlu diganti. Resistor harus menggunakan jenis yang mempunyai toleransi dan koefisien suhu yang bagus Kerusakan x-tal warna (kadang disertai warna hilang). 002 Kontras gambar lemah dan tidak dapat diadjust       Pin ABL tegangan drops (normal sekitar 3v). Kerusakan pada salah satu part pada sirkit ABL. 003 Bagian horisontal tidak kerja Baca Kerusakan bagianhorisontal Tidak ada tegangan 5v pada pin-25 (Hvcc) 004 Vertikal tidak penuh Baca kerusakan bagian vertikal Tegangan suply drops pada pin-43 Kerusakan IC memori 005 Gambar geser kekiri (ada blok hitam pada sebelah kanan raster)       Tidak ada pulsa FBP dari flyback ke pin-28, karena jalur putus atau ada kerusakan part. 006 Suara kemresek       Kerusakan part atau soldering pada pin-52-

Panasonic Protect

Lagi – lagi ketemu tv protect, kali ini yang datang adalah sebuah tv Panasonic 14 inch type TC-14P10BB dan nomor chasis TNP4NA001 yang menggunakan IC single TDA9381, dengan keluhan tv tidak bisa start! Gejalanya adalah………..saat di nyalakan led indicator nampak nyala warna merah, kemudian berubah ke warna hijau agak lama, merah lagi sebentar, hijau lagi agak lama, merah sebentar lagi, begitu seterusnya sampai akhirnya berhenti di warna merah tak mau berubah ke hijau lagi. Dalam keadaan seperti ini saya coba pencet CH+ di panel dan led indicator pun beraksi lagi seperti tadi.
Oke……tahap pertama dalam perbaikan tv telah di lakukan, yaitu di lihat dari gejala yang ada. Saatnya tahap kedua di lakukan, pemeriksaan secara visual! Setelah tutup belakang di buka, nampak debu yang menumpuk tebal di mainboard, menunjukkan bahwa tv ini sudah lama belum rusak alias awet. Lagi – lagi tak di temukan tanda – tanda yang mencurigakan di dapat setelah debu di bersihkan, semua part masih terlihat mulus tanpa cacat.
Tanpa pikir panjang, langsung saja ke tahap selanjutnya yang wajib di lakukan, yaitu pemeriksaan tegangan. Di sini di dapati B+90v aman sampai di kaki fbt, begitu juga dengan vcc vertical yang juga aman sampai di tempat tujuan. Giliran catu daya 12v yang mendapatkan pemeriksaan, kejanggalan mulai terlihat di sini, tegangan yang seharusnya 12v tersebut cuma terdeteksi 8,5v. Telusuri jalur tersebut yang ternyata menuju ke 2 buah IC regulator 7808 dan 7805, cek pin out 7808 dan menunjukkan nilai 6,8v, dan pin out 7805 cuma ada 2,6v. Naaaahh……mulai ada titik terang, it’s okay! Saatnya ESR jelek bekerja, cek 2 buah elko filter tegangan 12v senilai 470uf/16v yang bertuliskan C832 dan C857 di mainboard.
Dan ketemulah biangnya yang menyebabkan led indicator selalu berkedip, yaitu C832 dalam keadaan kering. Karena setelah penggantian elko tersebut, indicator sudah tidak kedip – kedip lagi dan tv pun sudah bisa nyala dengan normal.

Comments

Popular posts from this blog

HIJIB KHOFI KEWIBAWAAN TINGKAT TINGGI

Kumpulan Data Pin (kaki) Flyback (FBT) TV Sharp Dan Persamaan

Arti Latudrikuhul Absoru Wahua Yudrikuhul Absoro Wahuwa Latiful Khibir