Tips kerusakan LA76810A

001  Horisontal tidak stabil.        Gambar kadang geser secara horisontal kekiri atau gambar roboh roboh Resistor pada pin-29 VCO reference nilai 4K7 ohm walaupun diperiksa dengan ohm meter nampaknya masih bagus, tetapi perlu diganti. Resistor harus menggunakan jenis yang mempunyai toleransi dan koefisien suhu yang bagus Kerusakan x-tal warna (kadang disertai warna hilang). 002 Kontras gambar lemah dan tidak dapat diadjust       Pin ABL tegangan drops (normal sekitar 3v). Kerusakan pada salah satu part pada sirkit ABL. 003 Bagian horisontal tidak kerja Baca Kerusakan bagianhorisontal Tidak ada tegangan 5v pada pin-25 (Hvcc) 004 Vertikal tidak penuh Baca kerusakan bagian vertikal Tegangan suply drops pada pin-43 Kerusakan IC memori 005 Gambar geser kekiri (ada blok hitam pada sebelah kanan raster)       Tidak ada pulsa FBP dari flyback ke pin-28, karena jalur putus atau ada kerusakan part. 006 Suara kemresek       Kerusakan part atau soldering pada pin-52-

Mengulas Tentang Avometer Digital Sanwa Model CD771

Sebagaimana kita ketahui avometer adalah peralatan penting dalam dunia service khususnya elektronika, yang paling umum dalam dunia service elektronika alat pengukuran sering menggunakan avometer manual yang sangatlah merakyat dalam dunia perbengkelan.

Avometer manual sering mengalami kerusakan pada bagian  skala X1 pada bagian pengukuran Ohm meter. Ciri ciri X1 jebol adalah pengukuran tahanan atau resistor dibawah 100 ohm akan ngejeplak. Dan cara cek nya adalah pegang ujung hitam dan merah dengan satu tangan dengan cara di gemgam tapi kedua ujung nya jangan bersentuhan. Apabila jarum bergerak berarti skala X1 nya error, kerusakan pada tahanan 18 ohm yang ada dijalur X1 tersebut yang tersambung ke ground. Ganti tahanan tersebut karena sering rusak akibat kita kelupaan mengukur tegangan ketika avometer dalam keadaan di X1.

Avometer digital sebetulnya banyak sekali yang beredar, namun dalam hal ini pilihan jatuh ke merk Sanwa CD771 dengan berbagai kelebihan pengukuran serta kelebiham kelebihan lainnya. Memang merk avometer ini harganya lumayan mahal, namun sebanding dengan kegunaan nya ketika kita melakukan service alat elektronik pada khususnya.

Digital Multimeter merk SANWA CD771 ini dilengkapi dengan auto power off yang berguna ketika kita kelupaan mematikan nya ke posisi Off maka Avometer ini mati dengan sendirinya, dan tentu saja baterai akan awet. Pengukuran ohm meter voltmeter serta kapasitor meter dan juga ampere meter menggunakan sistem auto range jadi tidak perlu cape cape menggeser rotari dengan skala.
Cukup pindahkan ke voltmeter untuk mengukur tegangan AC maupun DC sekaligus dengan skala volt yang bebas. Kapasitor meter juga lumayan bisa mengukur kapasitor dari 1 PF sampai elko 68 uF lumayan jauh bukan rentang nya. Ohm meter juga sama menggunakan auto range begitu pula dengan ampere meter.

Avometer merk SANWA  CD771 sangat direkomendasikan bagi para teknisi karena pengukuran yang dihasilkan akurat serta mudah dalam penggunaan nya.
Itulah sekilas tentang Avometer merk Sanwa yang bagus dan layak di miliki.
Avometer digital Sanwa, Avometer mengukur kapasitor yang bagus.

Comments

Popular posts from this blog

HIJIB KHOFI KEWIBAWAAN TINGKAT TINGGI

Kumpulan Data Pin (kaki) Flyback (FBT) TV Sharp Dan Persamaan

Arti Latudrikuhul Absoru Wahua Yudrikuhul Absoro Wahuwa Latiful Khibir