Tips kerusakan LA76810A

001  Horisontal tidak stabil.        Gambar kadang geser secara horisontal kekiri atau gambar roboh roboh Resistor pada pin-29 VCO reference nilai 4K7 ohm walaupun diperiksa dengan ohm meter nampaknya masih bagus, tetapi perlu diganti. Resistor harus menggunakan jenis yang mempunyai toleransi dan koefisien suhu yang bagus Kerusakan x-tal warna (kadang disertai warna hilang). 002 Kontras gambar lemah dan tidak dapat diadjust       Pin ABL tegangan drops (normal sekitar 3v). Kerusakan pada salah satu part pada sirkit ABL. 003 Bagian horisontal tidak kerja Baca Kerusakan bagianhorisontal Tidak ada tegangan 5v pada pin-25 (Hvcc) 004 Vertikal tidak penuh Baca kerusakan bagian vertikal Tegangan suply drops pada pin-43 Kerusakan IC memori 005 Gambar geser kekiri (ada blok hitam pada sebelah kanan raster)       Tidak ada pulsa FBP dari flyback ke pin-28, karena jalur putus atau ada kerusakan part. 006 Suara kemresek       Kerusakan part atau soldering pada pin-52-

LG Ultra Slim Mati Total

Tv LG model ultra slim type 21SL2RD dengan chasis CW81A datang dalam keadaan mati total karena transistor horisontal dalam keadaan coid. Sebelum menggantinya dengan yang baru dan untuk menghindari kerusakan beruntun pada transisitor tersebut saya lakukan langkah sebagai berikut:

1. Cek B+

Sebelum mengambil langkah – langkah yang lebih rumit wajib hukumnya bagi seorang Tuser untuk melakukan pengecekan tegangan – tegangan vital. Di sini di ketahui B+ drop tanpa transistor horisontal terpasang, setelah di telusuri ketemulah penyebabnya yaitu FR403 yang di mainboard yang saya hadapi senilai 3,9 ohm yang berfungsi sebagai pembatas tegangan ke FBT dalam keadaan putus. Setelah penggantian resistor tersebut B+ pun normal kembali di 115v.

2. Cek Capasitor Resonant

Hal kedua yang harus di lakukan jika menjumpai transistor horisontal short adalah cek capasitor resonant yang terletak di jalur collector transistor tersebut. Jika capasitor ini bermasalah maka akan menyebabkan transistor horisontal mati lagi begitu di ganti dengan yang baru, bahkan transistor bisa langsung mati saat tv di nyalakan untuk di test.

3. Blok Horisontal Drive

Cek elko filter vcc H drive, cek tegangan di jalur basis transistor horisontal dan hasilnya…….keduanya aman. Jalur basis terdetksi 2vAC.

4. Pengecekan Dengan Lampu Pijar

Setelah ketiga langkah di atas di rasa aman, saatnya melakukan pengecekan dengan lampu pijar. Yaitu dengan memasangnya di antara kaki collector transistor horisontal dengan pin COL FBT. Begitu tv di nyalakan nampak ada kejanggalan saat saya cek tegangan G2, di sini cuma terdeteksi 5v saja, kemudian volt meter saya pindah ke posisi AC untuk cek tegangan heater dan ternyata tak ada tegangan sama sekali alias 0v. Hmmm………………ini sih tanda – tanda FBT yang bernomor BSC25 – N0329 ini minta ganti.
Namun apa yang terjadi setelah FBT saya ganti dengan penuh keyakinan? Hasilnya nihil!!! Aduhhhh…….piye iki???????? Sebuah C6090 sudah terkapar sebagai korban keganasan blok H output yang abnormal. Dengan di penuhi rasa penasaran saya pun bongkar yoke defleksi sebagai langkah terakhir untuk menemukan penyebab kerusakan tersebut. Nampaklah ada beberapa lajur kawat email yang kelihatan menghitam di salah satu gulungan yoke horisontal, tak puas dengan hal itu, saya pun memisahkan kedua gulungan yoke horisontal dengan membuka solderan di tap H+ dan H-, kemudian ambil ohm meter untuk mengetahui nilai resistansinya, dan benar saja…..ada sedikit perbedaan nilai di antara keduanya. Dengan harap – harap cemas, saya pun memasang yoke yang baru setelah sebelumnya saya beli di toko elektronik langganan.

Crakk….!! Tv pun nyala, namun sebelum muncul gambar di layar tv saya matikan lagi untuk mengetahui suhu C6090 yang baru sebagai upaya pencegahan terjadinya korban lagi. Setelah di rasa aman running test pun di lakukan, 1 menit…. 5 menit…10 menit…..setengah jam….1 jam….2 jam….3 jam….bahkan sampai seharian ternyata masih aman.

Comments

Popular posts from this blog

HIJIB KHOFI KEWIBAWAAN TINGKAT TINGGI

Kumpulan Data Pin (kaki) Flyback (FBT) TV Sharp Dan Persamaan

Arti Latudrikuhul Absoru Wahua Yudrikuhul Absoro Wahuwa Latiful Khibir