Adab Sopan Santun dan Salam Salam Selama Kunjungan ke Makam

1 .. Pakaian yang menutupi aurat , murni dan layak.
2.   Berjalan diam dan bebek
3. Sebelum pergi ke makam, usahakan wudhu terlebih dahulu, lalu salat sunnah (wudhu) dua rakaat di masjid atau musholla di sekitar makam. Kalau tidak waktunya, setidaknya melambaikan tangan ', lalu ziarah saja.
4. Lepaskan sandal , sepatu dan alas kaki lainnya. Kecuali tanah berlumpur, banyak tinja, duri atau sejenisnya. Ini tidak berarti bahwa pemakaman itu suci bagi masjid, tapi itu hanya menghormati penduduk makam agar tidak terganggu oleh suara sandal peziarah.
5. Mengucapkan salam kepada seluruh penghuni kuburan kaum muslimin sewaktu memasuki area pemakaman:
السلام عليكم دار قوم مؤمنين, و إنا إن شاء الله بكم لاحقون.  
" Damai sejahtera bagi kamu, hai penduduk kuburan orang-orang yang beriman. Insya Allah, kita (sekali) mengikuti kamu "
6. Jangan duduk atau bersandar di atas makam. Cobalah untuk tidak menginjak atau melompati makam, kecuali dipaksakan. (HR Ahmad, Muslim).
7. Jangan makan , minum dan mengadakan pesta di tempat pemakaman.
8. .. Lebih baik tidak membicarakan urusan duniawi, sama sekali tidak berguna untuk mengingat kematian, dan pembicaraan bergosip lainnya. Lebih baik menggunakan zoologi kematian seperti membaca tahlilan, dzikir, wirid, sholawat, Yasin, ayat al-Qur'an, kalimat thayyibah lainnya, memohon pengampunan bagi penghuni makam, dan merenungkan kehidupan setelah kematian.
9. Jangan merusak , membakar atau memperbaiki rumput dan tanaman yang tumbuh di kuburan. Apalagi untuk mengambil barang milik inventaris kuburan , na'udzubillahi min dzalik .

No comments:

Post a Comment

Tips kerusakan LA76810A

001  Horisontal tidak stabil.        Gambar kadang geser secara horisontal kekiri atau gambar roboh roboh Resistor pada pin-29 VCO referen...