Tips kerusakan LA76810A

001  Horisontal tidak stabil.        Gambar kadang geser secara horisontal kekiri atau gambar roboh roboh Resistor pada pin-29 VCO reference nilai 4K7 ohm walaupun diperiksa dengan ohm meter nampaknya masih bagus, tetapi perlu diganti. Resistor harus menggunakan jenis yang mempunyai toleransi dan koefisien suhu yang bagus Kerusakan x-tal warna (kadang disertai warna hilang). 002 Kontras gambar lemah dan tidak dapat diadjust       Pin ABL tegangan drops (normal sekitar 3v). Kerusakan pada salah satu part pada sirkit ABL. 003 Bagian horisontal tidak kerja Baca Kerusakan bagianhorisontal Tidak ada tegangan 5v pada pin-25 (Hvcc) 004 Vertikal tidak penuh Baca kerusakan bagian vertikal Tegangan suply drops pada pin-43 Kerusakan IC memori 005 Gambar geser kekiri (ada blok hitam pada sebelah kanan raster)       Tidak ada pulsa FBP dari flyback ke pin-28, karena jalur putus atau ada kerusakan part. 006 Suara kemresek       Kerusakan part atau soldering pada pin-52-

Tv LG Ultra slim 14" layar hanya separuh.

Tv LG 14FU7AB.

Tv ini menggunakan komponen diantaranya:
> Ic vertikal LA78040B.
> Ic horisontal C6093.
> Ic reg.power suply
STR.W6753.
> FBT. BSC 25-N0874.

GEJALA AWAL:
Jika tv dihidupkan layar hanya tampak nyala separuh dari tengah keatas.
Jika dipasang antena suara ada dan masih terdengar oke-oke saja.

PENELUSURAN DAN SOLUSINYA:
Cek elco C309 terlihat masih mulus alias tidak tampak ada cairan yang bocor atau kembung fisiknya,tapi setelah diangkat dan diukur ternyata nilainya berubah. Solusi langsung ganti dengan yang bagus.

Kedua cek elco filter b+ yakni C822:100uf/160v.juga dalam keadaan sudah aus, solusi ganti dengan nilai yang sama dan bagus tentunya.

Ceck dan ganti sekalian dua elco kecil pada bagian primer power suply reg. ganti dengan yang bagus dan sama nilainya.

Setelah penggantian komponen diatas dan resolder tentunya, lalu tv coba dihidupkan untuk melihat reaksinya dan ternyata mak!,..byaaaarr!!...layar tvpun sudah bisa membuka full  tidak tampak separuh lagi seperti kerusakan awal.
gambarpun sudah oke kembali setelah antena dipasang pada posisinya.

Comments

Popular posts from this blog

HIJIB KHOFI KEWIBAWAAN TINGKAT TINGGI

Kumpulan Data Pin (kaki) Flyback (FBT) TV Sharp Dan Persamaan

Arti Latudrikuhul Absoru Wahua Yudrikuhul Absoro Wahuwa Latiful Khibir