Tips kerusakan LA76810A

001  Horisontal tidak stabil.        Gambar kadang geser secara horisontal kekiri atau gambar roboh roboh Resistor pada pin-29 VCO reference nilai 4K7 ohm walaupun diperiksa dengan ohm meter nampaknya masih bagus, tetapi perlu diganti. Resistor harus menggunakan jenis yang mempunyai toleransi dan koefisien suhu yang bagus Kerusakan x-tal warna (kadang disertai warna hilang). 002 Kontras gambar lemah dan tidak dapat diadjust       Pin ABL tegangan drops (normal sekitar 3v). Kerusakan pada salah satu part pada sirkit ABL. 003 Bagian horisontal tidak kerja Baca Kerusakan bagianhorisontal Tidak ada tegangan 5v pada pin-25 (Hvcc) 004 Vertikal tidak penuh Baca kerusakan bagian vertikal Tegangan suply drops pada pin-43 Kerusakan IC memori 005 Gambar geser kekiri (ada blok hitam pada sebelah kanan raster)       Tidak ada pulsa FBP dari flyback ke pin-28, karena jalur putus atau ada kerusakan part. 006 Suara kemresek       Kerusakan part atau soldering pada pin-52-

TV LED Samsung rusak layar gelap.

Tv LED samsung 32" model:UA32F4000AM.

GEJALA AWAL :
Gejala kerusakan awal tv ini berdasarkan info dari sipemilik tv begini... "tv ku mati mas, dipencet-pencet tombolnya gk mau hidup", ....katannya menginformasikan tvnya yang bermasalah tersebut.

PEMERIKSAAN DAN PENELUSURAN :
Kemudian tv LED tersebut saya periksa coba colokkan steaker lalu hidupkan tv sebentar ternyata memang benar tidak ada tanda-tanda kehidupan lampu led pun tidak berkedip memberi respon.
Setelah tutup belakang tv sudah terbuka ceck secara visual menyeluruh semua bagian tak ada tanda-tanda putus jalur, solderan retak, area yang gosong, maupun kerusakan secara fisik yang terlihat.
Mau ukur teg pada titik-titik yang tertera pada board Iverter Power suply tapi IPS belum kerja.
Kemudian pemeriksaan dan penelusuran difokuskan pada blok IPS ini dengan mengukur dan mengganti beberapa komponen yang menyimpang nilai dan karaktetistiknya.

PENGGANTIAN KOMPONEN:
Mengganti komponen yang ditandai atau dalam lingkaran warna kuning yakni antara lain:
(1) DIODA 1buah.
(2) ELCO 6 buah.

Setelah penggantian komponen yang dilingkari warna kuning tersebut, module IPS sudah bereaksi tanda sudah bekerja.
pasang kembali keposisinya lalu coba test tv dihidupkan  , tv LED samsung inipun sudah mau hidup lagi diawali led indikator yang kedip-kedip lalu ...mak...byarrr!,... layar menyala dan gambarpun bisa dibilang sudah sempurna langsung terlihat cliing! kembali.
Diamati gambar sudah oke sepertinya tidak perlu lagi masuk mode servise.

Comments

Popular posts from this blog

HIJIB KHOFI KEWIBAWAAN TINGKAT TINGGI

Kumpulan Data Pin (kaki) Flyback (FBT) TV Sharp Dan Persamaan

Arti Latudrikuhul Absoru Wahua Yudrikuhul Absoro Wahuwa Latiful Khibir