Tips kerusakan LA76810A

001  Horisontal tidak stabil.        Gambar kadang geser secara horisontal kekiri atau gambar roboh roboh Resistor pada pin-29 VCO reference nilai 4K7 ohm walaupun diperiksa dengan ohm meter nampaknya masih bagus, tetapi perlu diganti. Resistor harus menggunakan jenis yang mempunyai toleransi dan koefisien suhu yang bagus Kerusakan x-tal warna (kadang disertai warna hilang). 002 Kontras gambar lemah dan tidak dapat diadjust       Pin ABL tegangan drops (normal sekitar 3v). Kerusakan pada salah satu part pada sirkit ABL. 003 Bagian horisontal tidak kerja Baca Kerusakan bagianhorisontal Tidak ada tegangan 5v pada pin-25 (Hvcc) 004 Vertikal tidak penuh Baca kerusakan bagian vertikal Tegangan suply drops pada pin-43 Kerusakan IC memori 005 Gambar geser kekiri (ada blok hitam pada sebelah kanan raster)       Tidak ada pulsa FBP dari flyback ke pin-28, karena jalur putus atau ada kerusakan part. 006 Suara kemresek       Kerusakan part atau soldering pada pin-52-

Fungsi Kiprok Pada Sepeda Motor dan Cara Membuatnya

Fungsi Kiprok Pada Sepeda Motor dan Cara Membuatnya – Siapa bilang kendaraan seperti sepeda motor tidak ada hubungannya dengan elektronika dan kelistrikan? Perlu anda ketahui bahwa dalam sepeda motor tidak hanya ada mesin dan alat-alat mekanik, namun juga terdapat sistem elektro dan kelistrikan.
Jika tidak percaya, silahkan anda bongkar sepeda motor. Di dalamnya pasti anda menemukan sebuah accu alias aki. Ya, accu tersebut merupakan sumber energi listrik pada sepeda motor. Energi listrik yang dihasilkan oleh accu tersebut adalah listrik DC yang digunakan sebagai supply untuk menyalakan part yang membutuhkan listrik seperti lampu, klakson, dan lain-lain.

Selain aki, masih ada banyak sekali part atau bagian dalam sepeda motor yang berkaitan dengan dunia elektronika dan kelistrikan. Salah satunya adalah kiprok. Mungkin sebagian dari anda sudah pernah mendengar istilah kiprok. Namun tahukah anda apa itu kiprok, dan fungsunya untuk apa? Oke, mari kita cari tahu bersama.

Fungsi Kiprok Pada Sepeda Motor
Kiprok adalah komponen pada sepeda motor yang berfungsi sebagai penyearah arus dari generator atau dinamo sepeda motor. Fungsi kiprok ini mirip-mirip seperti fungsi dioda pada rangkaian power supply. Dalam sebuah kiprok, terdapat beberapa komponen elektronika yang dirangkai menjadi satu.

Perlu anda ketahui bahwa kiprok memiliki ampere yang besar karena bertugas menyalurkan tegangan AC dari generator dan mengubahnya menjadi tegangan DC, yang kemudian diteruskan untuk mengisi accu. Tak heran jika sering kita jumpai kiprok yang rusak menyebabkan masalah pada accu karena proses pengisian ulang tidak bekerja dengan benar.

Cara Membuat Kiprok Sendiri
Saat kiprok sepeda motor sudah rusak, tentu kita harus menggantinya dengan kiprok yang baru. Bagi sebagian orang, harga kiprok sepeda motor masih cukup mahal. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net akan berbagi tutorial cara membuat kiprok sepeda motor sendiri.

Ya, seperti yang telah kami katakan sebelumnya bahwa dalam sebuah kiprok terdapat beberapa komponen elektronika. Kita bisa merangkai komponen tersebut menjadi kiprok yang siap pakai. Ternyata skema rangkaian kiprok sepeda motor tidaklah serumit yang kita duga. Jika anda ingin tahu, silahkan lihat gambar di bawah ini.



Bagaimana, sangat simpel bukan? Sedikit info tambahan, jika anda menginginkan hasil kiprok yang lebih bagus, disarankan untuk menambahkan IC LM 7815 agar output tegangan jadi lebih stabil. Selain itu anda juga bisa menambahkan sebuah elco untuk filter agar lebih mantap.

Oke demikian informasi singkat mengenai fungsi kiprok sepeda motor dan cara membuatnya sendiri. Semoga informasi singkat yang kami bagikan kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan para pembaca semua. Jangan lupa share agar orang-orang juga tahu dan bisa mencobanya. Sampai jumpa.

Comments

Popular posts from this blog

HIJIB KHOFI KEWIBAWAAN TINGKAT TINGGI

Kumpulan Data Pin (kaki) Flyback (FBT) TV Sharp Dan Persamaan

Arti Latudrikuhul Absoru Wahua Yudrikuhul Absoro Wahuwa Latiful Khibir