Tips kerusakan LA76810A

001  Horisontal tidak stabil.        Gambar kadang geser secara horisontal kekiri atau gambar roboh roboh Resistor pada pin-29 VCO reference nilai 4K7 ohm walaupun diperiksa dengan ohm meter nampaknya masih bagus, tetapi perlu diganti. Resistor harus menggunakan jenis yang mempunyai toleransi dan koefisien suhu yang bagus Kerusakan x-tal warna (kadang disertai warna hilang). 002 Kontras gambar lemah dan tidak dapat diadjust       Pin ABL tegangan drops (normal sekitar 3v). Kerusakan pada salah satu part pada sirkit ABL. 003 Bagian horisontal tidak kerja Baca Kerusakan bagianhorisontal Tidak ada tegangan 5v pada pin-25 (Hvcc) 004 Vertikal tidak penuh Baca kerusakan bagian vertikal Tegangan suply drops pada pin-43 Kerusakan IC memori 005 Gambar geser kekiri (ada blok hitam pada sebelah kanan raster)       Tidak ada pulsa FBP dari flyback ke pin-28, karena jalur putus atau ada kerusakan part. 006 Suara kemresek       Kerusakan part atau soldering pada pin-52-

Sharp alexander 29" mati total.

Tv sharp alexander 29" dengan problem awal yakni:
* Ketika tv coba dihidupkan dengan menekan tombol pada panel depan tv tanpa reaksi sama sekali dan indicator led juga tidak hidup alias mati total.

Dugaan sementara kerusakan:
* Kerusakan terjadi pada bagian
 regulator power suply.

Pemeriksaan dan penelusuran :
Memeriksa dan menelusuri untuk mencari biangnya langsung saja difokuskan pada area regulator power suply dan sekitarnya.
Pengukuran pertama pada teg B+ 300volt pada bagian ini sudah keluar tegangan kisaran 270an  volt, ini sementara dianggap normal .
selanjutnya pengukuran pada output STR W6556. teg belum keluar, berarti Ic power belum bekerja (off) atau memang ic kemungkinan telah mengalami kerusakan.
Tanda-tanda bagian regulator power suply belum bekerja salah satunya yakni
jika tv dimatikan pada elco besar 300v masih menyimpan muatan. maka harus berhati-hati dan buang muatan terlebih dahulu sebelum melanjutkan pemeriksaan pada bagian ic STR dan sekitarnya.
Jika tidak atau lupa membuang muatan maka siap-siap dikagetkan oleh sengatan arus yang cukup lumayan mantabnya,...njegraakk !!!.

Sering menangani problem power suply tv sharp seperti ini,
Setelah elco besar benar-benar aman dari muatan,
Maka penanganan berikutnya ngalir saja langsung sedot dan angkat ic STR W6556 lalu sebelum mengganti terlebih dahulu memeriksa semua komponen pendukung ic regulator harus dalam keadaan oke semua.
Kemudian jika dirasa komponen pendukung sudah oke dan aman barulah dilanjutkan dengan penggantian IC STR.
Dan giliran saatnya mencoba hidupkan tv untuk mengetahui hasilnya,... dan benar ternyata memang tidak sia-sia , lampu indicator led langsung nyala!.
Lanjutkan start P+ layar tv langsung mak...byaarrrr!!...  langsung lega perasaan.

Solusi:
Problem seperti diatas dapat teratasi hanya dengan pemeriksaan bagian regulator power suply dan mengganti IC STR. tv sudah bisa normal kembali.

Comments

Popular posts from this blog

HIJIB KHOFI KEWIBAWAAN TINGKAT TINGGI

Kumpulan Data Pin (kaki) Flyback (FBT) TV Sharp Dan Persamaan

Arti Latudrikuhul Absoru Wahua Yudrikuhul Absoro Wahuwa Latiful Khibir