Tips kerusakan LA76810A

001  Horisontal tidak stabil.        Gambar kadang geser secara horisontal kekiri atau gambar roboh roboh Resistor pada pin-29 VCO reference nilai 4K7 ohm walaupun diperiksa dengan ohm meter nampaknya masih bagus, tetapi perlu diganti. Resistor harus menggunakan jenis yang mempunyai toleransi dan koefisien suhu yang bagus Kerusakan x-tal warna (kadang disertai warna hilang). 002 Kontras gambar lemah dan tidak dapat diadjust       Pin ABL tegangan drops (normal sekitar 3v). Kerusakan pada salah satu part pada sirkit ABL. 003 Bagian horisontal tidak kerja Baca Kerusakan bagianhorisontal Tidak ada tegangan 5v pada pin-25 (Hvcc) 004 Vertikal tidak penuh Baca kerusakan bagian vertikal Tegangan suply drops pada pin-43 Kerusakan IC memori 005 Gambar geser kekiri (ada blok hitam pada sebelah kanan raster)       Tidak ada pulsa FBP dari flyback ke pin-28, karena jalur putus atau ada kerusakan part. 006 Suara kemresek       Kerusakan part atau soldering pada pin-52-

Tv LG indikator led kedip-kedip cepat.

Komponen diantarannya yakni;
* STR.             :  F 6654.
* Ic Croma      : Tda 8841 S1.
* TR Hor.        : D 5702.
* Ic vert.         :  TDA 8351 A.
* FB.               : 6174Z-8005E.

GEJALA AWAL :
* Jika dihidupkan tv tidak bisa distart baik dari panel depan maupun dari remot control.
* Lampu led hanya menyala merah berkedip-kedip cepat, karena cepatnya kedipan sehingga nyala led hanya terlihat seperti bergetar saja.

DUGAAN AWAL:
Tv ini mengalami protek pada power suply.

Pemeriksaan dan penelusuran:
Cek pada titik-titik B+ semua teg drop, angkat elco lalu ukur pada main board tidak terjadi short.
Kemudian ukur elco yang dilepas tadi dengan ESR barulah ketahuan biangnya yakni elco C816 dengan nilai= 1000uf/16v yang sudah kering.

Problem yang sebenarnya hanya pada C816 saja.
akan tetapi ada baiknya perbarui terutama komponen elco pada bagian primer power suply yakni C801 dan C308, komponen ini frekwensi kerusakannya bisa dibilang paling sering dibanding lainnya. jika rusak tentu sangat mempengaruhi kerja power regulator  suplynya.
ganti dengan nilai yang sama dan kwalitas yang bagus agar lebih awet.

Setelah penggantian komponen diatas problem " tv LG lndikator led kedip kedip cepat" teratasi dan sudah bisa berfungsi normal kembali.
Alhamdulillah.....

Comments

Popular posts from this blog

HIJIB KHOFI KEWIBAWAAN TINGKAT TINGGI

Kumpulan Data Pin (kaki) Flyback (FBT) TV Sharp Dan Persamaan

Arti Latudrikuhul Absoru Wahua Yudrikuhul Absoro Wahuwa Latiful Khibir