Tips kerusakan LA76810A

001  Horisontal tidak stabil.        Gambar kadang geser secara horisontal kekiri atau gambar roboh roboh Resistor pada pin-29 VCO reference nilai 4K7 ohm walaupun diperiksa dengan ohm meter nampaknya masih bagus, tetapi perlu diganti. Resistor harus menggunakan jenis yang mempunyai toleransi dan koefisien suhu yang bagus Kerusakan x-tal warna (kadang disertai warna hilang). 002 Kontras gambar lemah dan tidak dapat diadjust       Pin ABL tegangan drops (normal sekitar 3v). Kerusakan pada salah satu part pada sirkit ABL. 003 Bagian horisontal tidak kerja Baca Kerusakan bagianhorisontal Tidak ada tegangan 5v pada pin-25 (Hvcc) 004 Vertikal tidak penuh Baca kerusakan bagian vertikal Tegangan suply drops pada pin-43 Kerusakan IC memori 005 Gambar geser kekiri (ada blok hitam pada sebelah kanan raster)       Tidak ada pulsa FBP dari flyback ke pin-28, karena jalur putus atau ada kerusakan part. 006 Suara kemresek       Kerusakan part atau soldering pada pin-52-

Rangkaian Stabilizer Listrik Rumah / PLN 220 Volt

Rangkaian Stabilizer Listrik Rumah / PLN 220 Volt – Tentunya anda semua sudah tidak asing lagi dengan benda yang bernama stabilizer bukan? Ya, dalam kehidupan sehari-hari stabilizer juga kerap disebut dengan nama stavolt. Bagi anda yang belum tahu, stabilizer atau stavolt adalah alat yang digunakan untuk menstabilkan tegangan dan arus listrik.
Biasanya tegangan dan arus listrik yang ada di rumah atau listrik PLN sifatnya berubah-ubah alias tidak stabil. Hal tersebut akan memberikan dampak buruk bagi alat-alat elektronik rumah tangga yang terhubung dengan listrik. Biasanya peralatan listrik atau elektronik jadi cepat rusak akibat listrik yang tidak stabil.

Itulah salah satu alasan mengapa kita perlu menggunakan stabilizer alias stavolt. Sebenarnya kita bisa dengan mudah menemukan stabilizer atau stavolt di toko-toko komputer maupun toko-toko listrik yang ada di sekitar rumah anda. Sayangnya harga stabilizer yang punya kualitas bagus biasanya cukup mahal.

Rangkaian Stabilizer Listrik 220 Volt
Sebagai solusi atau alternatif yang bisa kita ambil adalah membuat stavolt sendiri dengan biaya yang lebih murah. Ya, mungkin banyak diantara anda yang belum tahu bahwa sebenarnya kita bisa membuat stavolt sendiri menggunakan komponen-komponen elektronika sederhana.

Jika anda masih belum tahu cara membuat stabilizer atau stavolt sendiri, berikut kami bagikan ulasan skema rangkaian stabilizer 220 volt sederhana untuk menstabilkan tegangan arus listrik yang ada di rumah. Penasaran? Tak perlu berbasa-basi lagi langsung saja simak baik-baik ulasan yang kami bagikan berikut ini.



Daftar Komponen yang Dibutuhkan :

R1 : 0,2 K Ohm
R2 : Uo – Ur K Ohm
C1 : 150 pF
C2: uF / 40 Volt
T1 : BC 161
IC1 : CA 3130
Uo : Tegangan Keluaran
Ur : U D1

Bagaimana, cukup sederhana dan tidak membutuhkan banyak komponen bukan? Semua daftar komponen yang dibutuhkan bisa anda beli di toko komponen elektronika sekitar rumah anda dengan harga yang sangat terjangkau. Oh iya, jika anda ingin membuat keluarannya menjadi 8 volt stabil, bisa tambahkan daftar beberapa komponen berikut.

R1 : 220 Ohm
R2 : 1,2 K Ohm
R3 : 6,8 K Ohm
Demikian ulasan lengkap mengenai skema rangkaian stabilizer atau stavolt sederhana. Semoga dengan adanya informasi ini bisa bermanfaat bagi anda yang membutuhkan stavolt atau stabilizer untuk kebutuhan sehari-hari, namun hanya memiliki budget terbatas. Jika info ini dirasa bermanfaat, silahkan bagikan ke teman dan kerabat anda.

Comments

Popular posts from this blog

HIJIB KHOFI KEWIBAWAAN TINGKAT TINGGI

Kumpulan Data Pin (kaki) Flyback (FBT) TV Sharp Dan Persamaan

Arti Latudrikuhul Absoru Wahua Yudrikuhul Absoro Wahuwa Latiful Khibir